PROGRAM ‘WIRAUSAHA MERDEKA’ CETAK WIRAUSAHA TANGGUH

Jakarta, Ditjen Vokasi – Dalam rangka mendukung minat dan bakat mahasiswa serta untuk melahirkan wirausaha yang tangguh, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program Wirausaha Merdeka yang diresmikan oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim secara daring beberapa waktu yang lalu.

Menteri Nadiem menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu pengembangan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) guna mempersiapkan diri para mahasiswa menjadi perenang yang tangguh dalam menghadapi ombak yang besar di masa depan.

“Akhir-akhir ini kita bisa lihat bagaimana anak muda tertarik menjadi wirausaha. Banyak usaha baru dengan gagasan berlian dari anak muda yang mempunyai semangat luar biasa untuk inovasi. Ini adalah tren yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Oleh karena itu, kami mengembangkan MBKM melalui program Wirausaha Merdeka,” tutur Nadiem.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa melalui program ini agar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan melalui bisnis-bisnis yang dimunculkan dan dikembangkan oleh mahasiswa,” ungkapnya.

Menurut Kiki, ekosistem kewirausahaan Indonesia harus terus diperkuat guna menciptakan jutaan wirausaha serta pengusaha Indonesia di kemudian hari dan membuka banyak lapangan pekerjaan baru. Hal tersebut dapat menjadi problem solver untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.

Kiki juga berharap, mahasiswa pendidikan vokasi, mulai dari D-2, D-3, hingga D-4, dapat turut serta mengikuti program tersebut dan memanfaatkan peluang yang ada dengan dibantu oleh dosen pembimbing. (Diksi/Tan/AP/NA)

Check Also

APA ITU RAPOR PENDIDIKAN?

Apa Itu Rapor Pendidikan ? Rapor Pendidikan menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang …