Program Kerja

PROGRAM KERJA TAHUNAN SEKOLAH SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

A. BIDANG KURIKULUM

Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Analisa Kebutuhaan Guru dan Pegawai
  2. Pembagian Tugas, Guru dan Pegawai
  3. Peningkatan disiplin Guru
  4. Peningkatan Profesional Guru dan Pegawai
  5. Usul Kenaikan Pangkat / Angka Kredit
  6. Mengadakan pembagian tugas mengajar/pembina/pembimbing guru-guru.
  7. Menyusun jadwal kegiatan belajar
  8. Pengisi hari-hari pertama masuk sekolah
    • Siswa baru Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
    • Kegiatan kurikuler bagi kelas II dan III
    • Merencanakan dan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar meliputi :
      • Penyiapan GBPP dan buku sumber / referensi bagi guru dan siswa
      • Penyusunan Analisis Program Semester
      • Penyusunan Program Semester
      • Penyusunan Analisis Materi Pelajaran
      • Penyusunan SAP (Satuan Acara Pembelajaran)
      • Penyusunan Modul Pembelajaran
      • Penyusunan Kumpulan Soal UAS
      • Penyajian Program yang telah disusun
      • Penyiapan KRS, KHS
  1. Pelaksanaan Supervisi Kelas
  2. Pendataan guru- guru yang belum mengikuti penataran
  3. Mengusulkan setiap guru mengikuti penataran
  4. Membentuk MGMP sekolah
  5. Kegiatan Evaluasi yang terdiri atas ulangan harian, ulangan umum dengan rangkaian kegiatan:
    • Penyusunan perangkat soal (kisi-kisi, kartu soal dan pedoman penilaian).
    • Pelaksanaan Tes dan uji coba ANBK
    • Pemeriksaan dan pengolahan hasil tes
    • Tindak lanjut hasil evaluasi melalui kegiatan perbaikan dan pengayaan.
  6. Kegiatan Ujian Nasional
    • Pembentukan Panitia Ujian Nasional Sekolah
    • Tata tertib peserta/pengawas ruang
    • Penyiapan jadwal siswa, jadwal pengawas ruang Ujian ANBK
    • Penyiapan dan penyusunan perangkat soal (kisi-kisi soal, kartu soal dan pedoman penilaian).
    • Pelaksanaan Ujian ANBK
    • Pemeriksaan hasil Ujian dan Ujian ANBK
    • Pengelolaan hasil Ujian ANBK
    • Rapat penentuan hasil Ujian ANBK
    • Pengumuman hasil Ujian ANBK
    • Penyusunan laporan Ujian ANBK
    • Penulisan dan penyerahan STTB lulusan
    • Penyusunan laporan lengkap kegiatan-kegiatan Ujian ANBK
  7. Kenaikan Tingkat meliputi :
    • Penyusunan dan pengelolaan nilai akhir
    • Rapat penentuan/ penetapan kenaikan tingkat
    • Pengumuman kenaikan tingkat
    • Laporan naik/tidak naik kelas ke Dinas Pendidikan Kota dan Dinas Pendidikan Propinsi
  8. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan BK, meliputi:
    • Penyusunan Program BK
    • Analisa Program BK
    • Pelaksanaan Program BK
    • Tindak Lanjut

 

B. BIDANG KESISWAAN

Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2022/2023 yang meliputi :
    • Pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
    • Penyiapan dan penyediaan administrasi PPDB
    • Penyebaran informasi PPDB
    • Pelaksanaan seleksi calon siswa baru apabila pendaftar lebih dari daya tampung
    • Pengumuman hasil seleksi calon peserta didik baru
    • Pelaporan kegiatan PPDB
    • Pembagian kelas siswa kelas X
    • Pengelompokan siswa berdasarkan program pilihan
    • Reformasi pengurus OSIS
    • Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler melalui OSIS meliputi :
      • Pramuka
      • Palang Merah Remaja/UKS
      • Pencinta Alam
      • Kelompok Ilmiah Remaja
      • Pustakawan
      • Koperasi Siswa
      • Olahraga
      • Musabaqoh Tilawatil Qur’an
      • Remaja Musholla
      • Paskibra
      • Sanggar Seni
    • Pembinaan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

 

C. BIDANG SARANA / PRASARANA DAN KEUANGAN

Kegiatan- kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang belajar dan perlengkapannya (Mobiller).
  2. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang perpustakaan dan perlengkapannya.
  3. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya
  4. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang penunjang dan perlengkapannya.
  5. Pembuatan dan pemeliharaan pagar dan gerbang sekolah
  6. Rehabilitasi tiang bendera untuk upacara dan perlengkapannya.
  7. Rehabilitasi ruang belajar, laboratorium dan perpustakaan.
  8. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan media pendidikan
  9. Penataan taman sekolah
  10. Pengaturan penggunaan, pemeliharaan dan penataan ruang ibadah/musholla
  11. Pengadaan dan pemeliharaan alat – alat KBM
  12. Inventarisasi Buku Paket
  13. Penyusunan dan penyampaian RAPBS
  14. Penyiapan rencana penerimaan yang dan penggunaannya
  15. Penyiapan tempat penyimpanan uang, pemeliharaan dan penggunaan keuangan
  16. Penyiapan dan penyampaikan SPJ dan laporan keuangan
  17. Pengadaan dokumen keuangan
  18. Pengawasan buku kas dan penarikan buku kas

 

D. BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT

Kegiatan- kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah :

  1. Pembentukan pengurus Komite dan pengaturan partisipasi komite sekolah.
  2. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan pengurus dan anggota komite
  3. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan segenap Instansi/Dinas, DU/DI khususnya yang ada di Propinsi Jambi.
  4. Peningkatan hubungan kerjasama yang baik dengan sekolah-sekolah dalam wilayah Jambi dan sekitarnya serta sekolah-sekolah dalam wilayah POKJA SMP/SMA/SMK Negeri maupun Swasta
  5. Penyebarluasan informasi tentang berbagai kegiatan sekolah
  6. Berpartisipasi dalam kegiatan hari- hari besar nasional
  7. Memeriahkan hari- hari besar agama
  8. Pelaksanaan Prakerin Dalam Negeri dan Prakerin Luar Negeri

 

E. BIDANG TATA USAHA / KETATALAKSANAAN / DLL

Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dalam bidang ini adalah:

  1. Pembuatan dan pemajangan struktur organisasi sekolah dan pemantapan penambahan wakil manajemen mutu dan disiplin KBM
  2. Penyusunan dan pemajangan serta pengarsipan kalender pendidikan
  3. Penyusunan program kerja sekolah dan pengarsipannya
  4. Penyusunan dan pengarsipan RABS
  5. Pengadaan, pencataan pokok-pokok pembinaan personil dan hasilnya
  6. Pengadaan buku catatan hasil supervisi kepala skeolah dan instrumen kegiatan-kegiatan supervisi kepala sekolah dan pengarsipannya
  7. Pengadaan format DP3 guru dan pegawai, pengisian dan pengarsipannya.
  8. Pengadaan buku tamu, buku pengumuman dan buku notulen rapat.
  9. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kurikulum :
    • Daftar pembagian tugas guru
    • Jadwal Pelajaran
    • Jurnal kelas/kemajuan kelas
    • Perangkat Administrasi Guru
    • Perangkat Soal
    • Daftar grafik kelulusan siswa
    • Leger / Daftar kelas
    • Buku laporan pendidikan (buku raport)
  10. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan Administrasi BP/BK :
    • Struktur organisasi dan rincian tugas
    • Program kerja dan jadwal tugas
    • Format – format alat pengumpulan data
    • Format-format perjanjian pemberitahuan, home visit, panggilan orang tua/wali pernyataan, skorsing.
    • Laporan
  11. Penyiapan pengadaan dan pengarsipan administrasi perpustakaan :
    • Struktur organisasi dan rincian tugas
    • Pedoman pengelolaan perpustakaan
    • Katalog
    • Tata tertib
    • Kartu Anggota
    • Buku pinjaman
    • Diagram/grafik peminjaman
    • Daftar inventaris ruangan
    • Laporan kegiatan
  12. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi kesiswaan :
    • Buku penerimaan siswa baru
    • Buku klaper siswa
    • Buku induk siswa
    • Buku mutasi
    • Daftar Hadir Siswa
    • Daftar peserta ujian nasional
    • Daftar lulusan ujian nasional
    • Buku dan daftar penerimaan STTB
    • Program Kerja
  13. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi personil :
    • Buku Induk Pegawai
    • Daftar Urut Kepangkatan
    • Daftar Hadir
    • Buku Pembinaan
    • Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3)
    • Blanko-blanko administrasi
  14. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi keuangan :
    • Berkas DIK
    • Buku Kas
    • Daftar Penerimaan Gaji, Honor, dan uang lembur
    • Berkas SPJ
    • Unit Produksi Sekolah
    • Komite
    • Brankas
  15. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi perlengkapan :
    • Buku induk perlengkapan
    • Buku non inventaris
    • Buku Golongan barang
    • Buku Pembelian
    • Buku penerimaan barang
    • Buku/daftar pengeluaran barang
    • Kartu stok barang
    • Buku mutasi barang inventaris
    • Buku pemeliharaan
    • Buku dokumen surat-surat berharga
    • Berkas penghapusan
    • Laporan inventaris
  16. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan administrasi persuratan
    • Buku agenda masuk dan keluar
    • Buku ekspedisi
    • Filing sistem
    • Kartu kendali
    • Lembar disposisi
    • Data statistik
    • Laporan bulanan/triwulan
  17. Penyiapan, pengadaan dan pengarsipan hubungan masyarakat:
    • Buku agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat.
    • Notulen agenda pertemuan/rapat dengan orang tua siswa/wali, pemerintah dan masyarakat.
    • Program Komite
    • Iuaran Komite

 

 

Jambi, 1 Juli 2022

Kepala Sekolah,

ttd.

Drs. THOLIP, M.Ds

NIP. 19670815 199512 1 002